Inovasi Terbaru BUMN ASDP di Pelabuhan Merak: Meningkatkan Kualitas Layanan Transportasi

Inovasi Terbaru BUMN ASDP di Pelabuhan Merak: Meningkatkan Kualitas Layanan Transportasi

JAKARTA - Sebagai salah satu sarana penting dalam rute sibuk Merak-Bakauheni, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sedang mempercepat pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Pelabuhan Merak untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna.

Menurut Shelvy Arifin, Corporate Secretary ASDP, Pelabuhan Merak di ujung barat Pulau Jawa adalah pintu gerbang utama bagi konektivitas dan logistik antara Pulau Jawa dan Sumatera. Lebih dari 20 juta penumpang setiap tahunnya menggunakan pelabuhan ini untuk perjalanan ke Bakauheni, Lampung.

"Kami terus mempercepat pembangunan infrastruktur penting dan fasilitas pendukung untuk memastikan ASDP memberikan layanan penyeberangan dan pelabuhan yang andal, aman, dan nyaman," kata Shelvy.

Baca Juga

PLN Enjiniring Kembangkan Pasar Oksigen Rendah Karbon, Tim GOXY Raih Juara III di HLN ke-79

Pengembangan fasilitas penunjang meliputi pemasangan travelator di terminal penumpang untuk memudahkan pergerakan, terutama bagi lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan saat menuju dermaga.

Manajemen juga fokus pada peningkatan fasilitas umum, termasuk area parkir VIP di bekas kantor lama ASDP, serta pengaspalan area eks terminal untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

"Pembangunan jalur kendaraan di bawah jembatan akses juga telah selesai untuk memperlancar lalu lintas kendaraan di pelabuhan," jelas Shelvy.

Langkah-langkah lain termasuk pelebaran median jalan untuk memperlancar arus lalu lintas, serta penambahan loket tiket online di Cabang Merak untuk mempercepat proses check-in.

Teknisnya, konstruksi peredam gelombang laut di Dermaga VII Merak sedang dipercepat penyelesaiannya untuk melindungi struktur dermaga dari erosi.

"Dengan peredam gelombang, kami dapat menjaga keamanan Dermaga VII Merak dari kerusakan akibat gelombang laut," tambah Shelvy.

ASDP tetap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan infrastruktur yang memadai, demi memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna jasa di Pelabuhan Merak.

Redaksi

Redaksi

indonesia.energika.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

PLN (UIT JBB)  Berkomitmen Tingkatkan Keandalan Listrik di Hari Listrik Nasional ke-79 melalui Pemeliharaan MTU di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB) Berkomitmen Tingkatkan Keandalan Listrik di Hari Listrik Nasional ke-79 melalui Pemeliharaan MTU di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB)  Sambut Hari Listrik Nasional ke-79 dengan Pemeliharaan MTU di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB) Sambut Hari Listrik Nasional ke-79 dengan Pemeliharaan MTU di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB)  Rayakan Hari Listrik Nasional ke-79 dengan Pemeliharaan Optimal di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB) Rayakan Hari Listrik Nasional ke-79 dengan Pemeliharaan Optimal di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB)  Berkomitmen Jaga Keandalan Listrik Lewat Pemeliharaan MTU di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB) Berkomitmen Jaga Keandalan Listrik Lewat Pemeliharaan MTU di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB)  Tingkatkan Kualitas Listrik di Hari Listrik Nasional ke-79 dengan Pemeliharaan di Gardu Induk CSW Jakarta

PLN (UIT JBB) Tingkatkan Kualitas Listrik di Hari Listrik Nasional ke-79 dengan Pemeliharaan di Gardu Induk CSW Jakarta