ASDP Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Selama Libur Waisak

ASDP Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Selama Libur Waisak

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memastikan kesiapannya dalam menghadapi potensi lonjakan penumpang selama libur Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5) dan cuti bersama pada Jumat (24/5). Meskipun diprediksi terjadi peningkatan penumpang hingga 3% dibandingkan hari biasa, ASDP menjamin kapasitas kapal dan pelabuhan mencukupi untuk melayani pengguna jasa.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa lintasan Merak-Bakauheni, sebagai salah satu jalur penyeberangan tersibuk, telah disiapkan dengan 66 unit kapal ferry, di mana 28 unit akan beroperasi penuh selama 24 jam. Pola operasi ini memungkinkan hingga 112 trip per hari, memastikan kelancaran arus kendaraan dan penumpang.

Selain itu, berbagai peningkatan fasilitas dan layanan juga telah dilakukan di pelabuhan utama seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Peningkatan ini mencakup penambahan toll gate, vending machine, CCTV, posko kesehatan, toilet, dan peningkatan kapasitas angkut kendaraan hingga lebih dari 39.000 unit kendaraan kecil per hari di Pelabuhan Merak.

Baca Juga

PLN Enjiniring Kembangkan Pasar Oksigen Rendah Karbon, Tim GOXY Raih Juara III di HLN ke-79

Meskipun libur Waisak bertepatan dengan ujian akhir nasional, ASDP tetap mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Kamis (23/5) dengan jumlah kendaraan mencapai 8.000 unit. Namun, angka ini diprediksi tidak akan melampaui puncak arus mudik Lebaran yang mencapai lebih dari 10 ribu unit kendaraan.

ASDP juga mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara online melalui aplikasi Ferizy untuk menghindari antrean dan memastikan kelancaran perjalanan. Tiket dapat dipesan sejak 60 hari sebelum keberangkatan hingga H-1.

Mengingat prediksi cuaca berawan hingga hujan ringan dengan potensi angin kencang di wilayah Cilegon, Banten, ASDP juga mengingatkan pengguna jasa untuk tetap waspada dan mengikuti arahan petugas demi keselamatan pelayaran.

Shelvy Arifin menegaskan komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa. "Kami berharap pengguna jasa dapat menyeberang dengan aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.

Redaksi

Redaksi

indonesia.energika.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Aksi Nyata Transisi Energi: Proyek Hidrogen Hijau PLN EPI dan Sembcorp

Aksi Nyata Transisi Energi: Proyek Hidrogen Hijau PLN EPI dan Sembcorp

Hidrogen Hijau di Sumatra, Langkah Besar PLN EPI Bersama Sembcorp

Hidrogen Hijau di Sumatra, Langkah Besar PLN EPI Bersama Sembcorp

Sembcorp-PLN EPI Kolaborasi Proyek Hidrogen Hijau Terbesar ASEAN

Sembcorp-PLN EPI Kolaborasi Proyek Hidrogen Hijau Terbesar ASEAN

Fasilitas Hidrogen Hijau Terbesar, PLN EPI dan Sembcorp Ambisi Energi Bersih

Fasilitas Hidrogen Hijau Terbesar, PLN EPI dan Sembcorp Ambisi Energi Bersih

Dorong Ekosistem Hijau, Sembcorp dan PLN EPI Bangun Fasilitas Hidrogen

Dorong Ekosistem Hijau, Sembcorp dan PLN EPI Bangun Fasilitas Hidrogen